Cara Mengatasi Diare pada Anak dengan Sigap Melalui Komponen 4F
- Kesehatan

Cara Mengatasi Diare pada Anak dengan Sigap Melalui Komponen 4F

Salah satu gangguan pencernaan yang cukup sering dialami anak adalah diare. Kondisi ini ditandai dengan frekuensi BAB yang sering dengan konsistensi feses yang encer. Diare ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Melalui komponen 4F ini, Anda bisa memutus rantai penyebab diare. Pasalnya, cara mengatasi diare pada anak dengan menghindari penyebabnya sangatlah efektif.

  1. Food

Masalah diare sangat erat kaitannya dengan makanan atau food. Jika makanan yang diberikan tidak higienis, maka bisa menyebabkan masuknya bakteri penyebab diare. Kesehatan saluran pencernaan akan terganggu jika banyak bakteri jahat yang masuk.

Oleh karena itu, pastikan kebersihan dan kelayakan bahan makanan. Jangan lupa mengolahnya secara sehat dengan peralatan masak yang bersih dan masaklah sampai benar-benar matang agar bakteri yang terdapat di dalam makanan memang mati. Dalam penyajian menu, hidangkan makanan menggunakan perlengkapan makan yang bersih.

  1. Feces

Poin kedua yaitu feces ini menjadi bukti kondisi kesehatan pencernaan. apabila konsistensi feces cair dan proses BAB terjadi lebih sering dalam jangka waktu pendek, maka dipastikan sedang mengalami diare. Menyikapi hal ini, diharapkan untuk mengatasinya dengan mengurangi makanan pedas atau asam yang dapat memperparah diare.

  1. Flies

Komponen berikutnya yang perlu diperhatikan dalam mengatasi persoalan diare adalah flies atau lalat. Hewan yang satu ini sangat berbahaya dan menjadi perantara utama penyebaran bakteri jahat penyebab diare. Lalat bisa hinggap dari tempat yang satu ke tempat lainnya, sehingga bisa saja ia hinggap dari tempat yang kotor ke makanan yang disajikan.

Akibatnya, kuman dari lalat tersebut ikut masuk ke dalam tubuh bersama makanan yang dikonsumsi dan menimbulkan gangguan pencernaan. Saluran pencernaan yang terganggu akibat masuknya bakteri ini bisa menyebabkan reaksi berupa diare untuk mengeluarkan bakteri tersebut. Bahkan, bakteri yang jahat bisa sampai menginfeksi saluran pencernaan.

  1. Finger

Komponen yang terakhir adalah finger atau jari. Menyebarnya kuman sangat bisa melalui jari tangan karena telah menyentuh apapun sebelum mengonsumsi makanan. Jika akan memasak atau membuat makanan dan minuman, cucilah tangan hingga bersih agar kuman tidak menempel. Bakteri yang ada di tangan akan mati setelah mencuci dengan sabun dan air mengalir.

Saat anak akan menyentuh makanan atau minumannya, tanyakan sudah mencuci tangannya atau belum. Jangan bosan untuk mengawasi dan memberikannya pemahaman tentang hal ini. Semua ini demi kesehatan pencernaannya agar tidak diare sembuh dan tidak terulang lagi.

Ingatlah untuk terus menjaga kebersihan dan menjaga makanan yang dikonsumsi tetap higienis. Jangan lupa memenuhi asupan cairan dan makanan bernutrisi untuk anak. Cara mengatasi diare pada anak dengan komponen 4F di atas perlu terus diterapkan agar masalah diare tidak terulang lagi. Anda juga tidak cemas karena anak rewel dan tersiksa karena gangguan pencernaan ini.