Awal Kehamilan Trimester Pertama
- Kesehatan

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Awal Kehamilan Trimester Pertama

Kehamilan merupakan hal yang ditunggu-tunggu ibu. Namun pada saat masa trimester pertama awal kehamilan tidaklah mudah. Ibu akan mulai mengalami perubahan psikis dan fisik. Hal ini sudah wajar terjadi sehingga ibu bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi masa awal kehamilan ini.

Trimester Pertam Awal Kehamilan

Ibu bisa melakukan beberapa tips di bawah ini di trimester pertama kehamilan.

  1. Konsumsi vitamin prenatal

Apabila ibu mengonsumsi vitamin prenatal maka dapat dikonsumsi di masa ini apalagi ibu membutuhkan asam folat yang cukup pada saat awal kehamilan untuk mengurangi risiko bayi cacat tabung saraf. Ibu membutuhkan 600 mcg asam folat setiap hari namun ibu bisa mengonsumsi 400 mcg suplemen asam folat dan sisanya bisa didapatkan dari sumber makanan. Pastikan juga kebutuhan vitamin D ibu tercukupi sebanyak 10 mcg setaiap hari.

  1. Berhenti merokok

Apabila ibu merupakan perokok aktif, segera berhenti. Merokok dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan bagi ibu dan bayi baik itu kelahiran prematur, keguguran, masalah plasenta, risiko bayi lahir mati, memperlambat pertumbuhan janin, dan kematian bayi. Bayi juga bisa lahir dengan bibir sumbing. Namun apabila ibu tidak merokok, selalu hindari asap rokok di sekitar anda agar tidak menjadi perokok pasif.

  1. Kurangi kafein

Konsumsi kafein yang tinggi dapat meningkatkan risiko keguguran dan berbagai masalah kesehatan selama masa kehamilan terutama bagi bayi. Disarankan untuk membatasi asupan kafein tidak lebih dari 200 mg per hari selama awal kehamilan hingga kelahiran si kecil

  1. Perhatikan aktivitas

Ibu juga harus memperhatikan aktivitas yang dijalani. Beberapa kegiatan yang dilakukan bisa saja membahayakan janin misalnya menghindari lingkungan yang kotor, radiasi berlebih, bahan kimia berlebih, atau aktivitas ekstrim lainnya untuk menjaga keselamatan ibu dan janin.

  1. Atur pola makan

Ibu juga harus memperhatikan pola makannya agar bisa mendapatkan gizi yang seimbang. Hindari makanan yang belum atau kurang matang seperti daging dan ikan mentah, keju lunak, telur mentah atau setengah matang, dan lain-lain.

Hindari juga mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan karena dapat meningkatnan kadar glukosa dalam darah menyebabkan anak mengalami kelebihan berat badan saat lahir atau saat tumbuh dewasa. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional.

Penuhi kebutuhan nutrisi utama yang dibutuhkan selama trimester pertama yaitu kalsium, asam folat, zat besi, serta, dan zinc. Pastikan juga agar tubuh selalu terhidrasi dengan minum air putih yang cukup.

Pada awal kehamilan, pastikan juga ibu istirahat yang cukup agar kebutuhan energi terpenuhi. Lactamil untuk ibu hamil dapat dikonsumsi untuk memenuhi asupan nutrisi harian ibu. Kandungan vitamin B6, zat besi, asam folat, omega 6, dan vitamin D dapat membantu pertumbuhan dan menjaga kesehatan bayi, mencegah anemia, serta mengurangi risiko cacat tabung syarat otak.