Mengenal Lebih Jauh tentang Veneer Gigi yang Sedang Tren
- Others

Mengenal Lebih Jauh tentang Veneer Gigi yang Sedang Tren

Belakangan banyak public figure yang menggunakan veneer gigi untuk mempercantik penampilannya. Sontak saja hal ini diikuti oleh banyak orang dan menyebabkan tren baru. Sebenarnya apa itu veneer? Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Veneer?

Veneer adalah prosedur medis yang dilakukan dengan cara menempelkan veneer pada bagian depan gigi guna memperbaiki penampilan gigi. Pemasangan veneer dapat menutupi kecacatan pada gigi, seperti bentuk, ukuran gigi dan warna gigi yang kurang sesuai dengan keinginan pasien.

Tujuan Pemasangan veneer

Pemasangan veneer umumnya dilakukan untuk alasan estetika dan kosmetik guna memperbaiki tampilan. Penggunaan veneer dapat membantu membuat gigi lebih cerah dan bentuk gigi yang simetris, sehingga senyum menjadi lebih indah. Jadi, tak heran banyak public figure yang butuh penampilan menarik menjalani prosedur medis ini.

Selain itu, veneer gigi dapat membantu menutupi gigi yang patah atau rusak, rongga antar gigi yang tidak seragam, gigi runcing atau memiliki bentuk yang tidak wajar, ukuran gigi yang tidak seragam dan perubahan warna gigi yang tidak dapat dihilangkan dengan pemutih gigi.

Namun, pemasangan veneer sebaiknya tidak dilakukan oleh orang dengan kondisi gigi yang tidak sehat—seperti penderita penyakit gusi—orang dengan enamel gigi yang sudah tergerus dan orang dengan kondisi gigi rapuh akibat pembusukan, patah atau adanya tambahan gigi yang cukup besar.

Persiapan Pemasangan veneer

Sebelum memutuskan pemasangan veneer sebaiknya pikirkan dengan matang. Pasalnya, prosedur pemasangan veneer bersifat irreversible, yang artinya setelah melakukan perubahan Anda tidak dapat mengembalikannya seperti semula. Dokter umumnya akan melakukan rontgen dan foto gigi untuk memperkuat diagnosis dan mencegah masalah di kemudian hari.

Sebelum memasang veneer, Anda diharuskan melakukan beberapa konsultasi guna mengetahui kondisi dan kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh. Bila kondisi memungkinkan barulah ditentukan rencana perawatan. Perawatan tersebut antara lain adalah menentukan warna dan bentuk gigi yang cocok dengan masalah Anda.

Prosedur Pemasangan

Setelah semua persiapan selesai, dokter akan mengikir sekitar ½ cm enamel permukaan gigi atau sesuai dengan ketebalan veneer. Selanjutnya, dokter akan mencetak gigi Anda di lab dan membutuhkan waktu 2—4 minggu. Setelah veneer sudah jadi, dokter akan membersihkan gigi dan mengikir ulang gigi untuk membentuk tekstur kasar guna mempermudah pemasangan.

Setelah warna dan bentuk sudah sesuai veneer akan mulai dipasang dengan cara menempelkan veneer pada gigi dengan bantuan semen khusus. Jangan heran jika dokter berulang kali melepas dan memotong veneer guna mendapatkan penampilan yang maksimal.

Resiko Pemasangan veneer

Adapun beberapa resiko yang akan Anda alami setelah memasang veneer, antara lain adalah warna gigi yang tidak sama, warna veneer tidak dapat diubah, gigi menjadi sensitif dan resiko veneer rusak atau retak saat mengunyah benda keras atau terbentur.

Demikianlah penjelasan singkat tentang veneer gigi yang sedang tren di kalangan selebriti. Pastikan Anda melakukan pemasangan veneer di dokter gigi yang profesional guna mendapatkan hasil yang maksimal. Artikel dan informasi lainnya seputar kesehatan, gaya hidup, parenting dan kehamilan bisa Anda lihat di laman parenting.orami.co.id.