Tips Memilih Boneka yang Berkualitas dan Aman untuk Si Kecil
- Parenting

Tips Memilih Boneka yang Berkualitas dan Aman untuk Si Kecil

Secara alamiah anak perempuan tentu menyukai mainan boneka. Meski demikian memilih boneka untuk si kecil terlebih lagi masih bayi tak boleh dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa hal yang dapat dijadikan bahan pertimbangkan. Bagi Anda yang ingin beli boneka untuk si kecil, pastikan untuk mempertimbangkan beberapa berikut ini.

Terbuat dari Bahan yang Aman

Hal terpenting yang perlu Anda pertimbangkan adalah bahan mainan tersebut. Pastikan boneka yang Anda beli terbuat dari bahan yang aman untuk si kecil. Tak hanya itu saja, Anda juga harus menyesuaikan dengan usia dan kemampuan anak dalam bermain. Selain itu perhatikan juga apakah bagian-bagian dari boneka tersebut mudah terlepas atau tidak.

Memilih bahan yang aman penting untuk dilakukan karena biasanya anak akan memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya. Jangan sampai bahan beracun pada mainan berpindah ke tubuhnya. Hindari memilih boneka yang terbuat dari plastik PVC. Sebab bahan ini mengandung zat karsinogenik seperti vinyl chloride, dioksin dan phthalates.

Sesuaikan dengan Ukuran Tubuh Anak

Pastikan Anda membeli boneka yang sesuai dengan ukuran tubuh si kecil. Sebab jika terlalu besar anak akan kesulitan untuk memainkannya. Bahkan bisa jadi si kecil takut dengan boneka tersebut. Ukuran boneka yang tepat untuk si kecil maksimal tiga perempat dari ukuran tubuhnya.

Meski demikian tidak disarankan untuk memilih mainan yang terlalu kecil. Mainan yang terlalu kecil bisa berbahaya bagi anak itu sendiri. Jika si kecil belum berusia 3 tahun, pilihlah mainan yang ukurannya lebih besar dari ukuran mulut anak.

Sesuaikan dengan Umur

Umumnya pada tabel mainan sudah ada kategori usia berapa mainan tersebut dapat digunakan. Kategori usia tersebut tentu menjadi pertimbangan untuk berbagai aspek. Misalnya kemampuan dan kedewasaan anak.

Untuk bayi usia 3 tahun ke atas sebaiknya pilih boneka dengan karakter yang sesungguhnya. Selain digunakan untuk bermain, boneka tersebut dapat membantu si kecil mengenal bentuk sesungguhnya. Sedangkan untuk anak usia 4 tahun ke atas bisa memilih boneka aksesoris yang dapat digunakan untuk membantu perkembangan anak.

Sesuaikan dengan Kepribadian Anak

Memilih boneka juga harus disesuaikan dengan kepribadian si kecil. Jika si kecil memiliki kepribadian penayangan dan peduli sekitar, boneka dengan bentuk bayi merupakan pilihan yang tepat. Namun untuk anak usia 4 hingga 7 tahun,

Namun jika anak ingin teman bermain dengan teman sebayanya, boneka anak balita lebih tepat bagi anak Anda. Selain kepribadian, jenis kelamin juga menentukan mainan apa yang cocok untuk sang buah hati. Pasalnya boneka mampu memberikan dampak dan pengaruh psikologis bagi pertumbuhan karakter anak.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum beli boneka untuk sang buah hati. Ternyata membeli boneka untuk si kecil tak boleh dilakukan dengan sembarangan. Bahkan kini Anda dapat membelinya secara online di toko perlengkapan bayi orami.co.id dengan proses belanja yang mudah dan penawaran harga yang menarik.