renault duster indonesia
- Lifestyle

TRANSMISI AUTOMATIC KINI HADIR DI RENAULT DUSTER FACELIFT

Sebagai penjelasan atas langkahnya untuk menambah mobil, Dacia mengutip meningkatnya penjualan otomatis di Eropa dengan semakin banyak pembeli SUV terutama yang mencari kotak persneling otomatis di mobil mereka. Ini bukan sembarang otomatis, meskipun Dacia telah membawa sebuah kotak EDC ‘dual-clutch dual-clutch enam Kecepatan canggih.

Renault India telah mengkonfirmasi peluncuran versi bensin Renault Duster otomatis tetapi tidak membocorkan banyak informasi teknis. Harga Renault Duster ini adalah INR 10,3 Lakh atau sekitar 204 Juta Rupiah dan berdasarkan pada kelas ‘RXS’ baru, yang ditempatkan antara RXL dan RXZ. Ini akan meminjam mesin bensin 1,5L 4 silinder yang lebih kecil dan kombo CVT dari Nissan Sunny / Renault Scala, yang menghasilkan 101 PS dan torsi puncak 134 Nm.

Sangat menarik melihat Renault memilih opsi seperti itu mengingat mesin bensin 1.6L yang sudah dijual di India dengan gearbox manual tersedia dengan EDC 6-kecepatan di pasar lain, tetapi akan menjadi proposisi yang mahal. Meminjam tenaga dari Nissan Sunny / Renault Scala tampaknya berhasil dengan lebih baik, sehubungan dengan harga yang kompetitif. Varian bensin Renault Duster varian akan mendapatkan velg gunmetal 16 inci, sistem layar sentuh AV 7 inci, gril depan hitam, airbag ganda, interior kontras merah, mode Eco, dan warna eksterior Fiery Red baru.

Renault Duster sebenarnya bukanlah mobil yang baru bagi Indonesia, dibandingkan dengan kompetitornya di kelas crossover yang dihuni oleh HR-V, Juke, Ecosport dan Trax, Renault Duster merupakan satu-satunya mobil di kelas ini yang menawarkan interior super lega dan mesin diesel bertenaga serta irit luar biasa. Tapi membandingkan mobil ini dengan crossover yang sudah disebutkan diatas rasanya tidak sebanding, karena mayoritas pembeli di segmen ini memilih transmisi automatic ketimbang manual yang melelahkan di kemacetan. Karena Renault Duster hadir dalam varian transmisi manual saja, jelas bagi Renault Duster yang menjadi favorit James May ini tidak begitu sukses di Indonesia.

Namun di India, mobil ini memiliki nasib yang berbeda, tercatat mobil ini cukup sukses menjadi tulang punggung Renault disana karena mayoritas pengemudi di India lebih memilih mobil manual ketimbang automatic, dan untuk di varian facelift ini, Sekarang Renault Duster mendapatkan opsi transmisi automatic AMT. Dan bukan matic konvensional, CVT apalagi dual clutch seperti pada Ford Ecosport, Dan Renault menyebutnya transmisi ini dengan nama Easy-R AMT, transmisi yang dibuat oleh ZF Sachs langsung dari Jerman untuk Renault Duster sendiri memiliki 6 percepatan yang cocok untuk mobil diesel, tapi menurut beberapa review orang-orang, transmisi AMT ini masih sama saja lemotnya seperti transmisi AMT lainnya.

Selain transmisi automatic, Renault Duster Facelift ini sebenarnya juga memiliki banyak ubahan baru yang membuat mobil ini semakin laya untuk diperhitungkan, mulai dari eksteriornya, kita mendapatkan lampu depan, grille dan bumper baru, velg model baru dan lampu belakang model baru, perangkat keamanan aktif seperti hill hold dan understeer control juga disematkan di dalam mobil ini. Dengan hadirnya varian transmisi pada Renault Duster Automatic di India, sebenarnya ini adalah langkah awal yang baik untuk Renault memasukan line up baru Duster di Indonesia sekaligus memberikan facelift bagi mobil ini. Lalu apakah mobil ini bisa bersaing dengan crossover yang sekelas? Mungkin sulit, tapi mungkin saja bisa jadi lebih baik dari penjualan Renault Duster sebelumnya.